Surat Domisili : Cara mendapatkan Surat Domisili Indonesia

Semua WNA yang tinggal di Indonesia akan membutuhkan Surat Domisili. Surat Keterangan Domisili adalah surat dari pemerintah setempat yang menyatakan alamat tempat tinggal WNA. Namun, secara fungsional sebagai “Bukti Tempat Tinggal”. Surat Domisili sering menjadi titik awal untuk mendapatkan izin tinggal ketika berurusan dengan entitas pemerintah seperti Imigrasi, Catatan Sipil,dst.

Kapan WNA membutuhkannya? WNA biasanya membutuhkan Surat Domisili ketika mengajukan permohonan untuk ITAS (ijin tinggal sementara) di kantor Imigrasi, SKTT (surat keterangan tempat tinggal) atau KTP OA (kartu tanda penduduk orang asing) dari kantor Catatan Sipil.

Hal pertama yang perlu WNA lakukan adalah mendapatkan Surat Pengantar dari RT dan RW setempat. Untuk mempermudah, Anda harus menulis Surat Permohonan dengan memasukkan semua informasi yang akan terkandung dalam Surat Domisili, seperti :

Nama:

Tempat / Tgl. Lahir:

Jenis Kelamin:

Pekerjaan:

Kebangsaan:

Paspor:

Alamat:

Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah salinan KITAP / KITAS dan paspor Anda, serta sponsor Anda KTP dan KK. Dengan surat pengantar di tangan, pergilah ke Kelurahan setempat atau Kantor Desa untuk dibuatkan Surat Domisili WNA.

Terima Kasih

Posted in:

Leave a Reply